PENGARUH ERA DIGITAL TERHADAP DIRI SENDIRI

 Pada zaman  yang sudah serba digital ini, teknologi sudah menjadi sesuatu hal yang membawa perubahan paling besar di dunia. Hampir setiap orang saat ini telah memakai kemajuan teknologi. Orang saat ini menjadi lebih kecenderungan bergantung dengan adanya teknologi. Seiring dengan kemajuan teknologi yang terus berlangsung, manusia pun semakin dibawa kedalam perubahan-perubahan baru setiap harinya. Kemajuan teknologi tidak menjadikan waktu sebagai sebuah batas, dalam kehidupan interaksi manusia. Kapan saja dan dimana saja, saat ini manusia dapat berkomunikasi satu sama lain. Kehadiran teknologi inilah yang membuat kehidupan manusia semakin mudah, dan membentuk gaya hidup digital. Tidak hanya dari segi komunikasi saja, segi kebutuhan manusia lainnya terhadap kehidupan sehari-hari juga sudah mulai terpenuhi. Teknologi memang diciptakan untuk membuat manusia menjadi lebih mudah dalam melakukan kegiatannya sehari-hari.

          Pada diri saya sendiri, pengaruh kemajuan teknologi dalam era digital ini sangat besar sekali. Baik pengaruh posiif, maupun negatif.

          Dampak baiknya adalah, dimana saya sebagai pelajar/mahasiswi dapat dengan lebih mudah mengakses informasi yang saya butuhkan dan saya inginkan, secara lengkap dan cepat. Teknologi juga dapat mempermudah segala kegiatan saya sehari-hari. Selain itu, kemajuan teknologi memperluas jaringan pertemanan saya dan sebagai sarana setiap orang dalam berkreatifitas dan bersosialisasi. Gaya hidup digital ini, tentu juga mempunyai dampak-dampak negatif bagi diri saya. Dampak negatif pertama kali yang saya rasakan adalah membuat manusia menjadi lebih konsumtif. Selain itu dengan adanya kemajuan teknologi sebuah privasi menjadi sesuatu hal yang mahal saat ini. Dan terkadang yang palin penting adalah, kemajuan teknologi melemahkan dan menurunkan sensitifitas pada saya dan orang lain.


            Penurunan sensitifitas yang saya maksud adalah, berkurangnya simpati atau empati pada diri kita. Dengan jejaring sosial, seseorang cenderung melupakan dunia nyata dan tenggelam didalam dunia maya. Merenggangkan dan mengabaikan sesuatu yang terjadi disekitarnya dan lebih memilih untuk memperhatikan sesuatu yang terjadi didunia maya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DISKRIMINASI DAN ETNOSENTRISME

NoSQL Database

KOMPUTASI