PERAN PEMUDA DALAM PEMBANGUNAN DI INDONESIA


Dalam suatu bangsa dan Negara, pemuda adalah unsur yang sangat signifikan dan penting yang bisa menentukan nasib suatu Negara di masa yang akan datang, dalam rangka membangun kembali bangsa dengan penanaman nilai nasionalisme yang sejati. Pemuda dirasa sebagai generaasi penerus yang akan menjadi pemeran penting dalam jangka waktu panjang bangsa ini. Bahkan sejarah telah membuktikan bahwa pemuda adalah salah satu tokoh perubahan bangsa dengan berbagai cara sesuai jiwa muda yang penuh semangat.
            Dalam sejarah bangsa Indonesia para pemuda berperan sangat signifikan dalam perkembagan bangsa, para pemuda pada zaman kemerdekaan berperan aktif dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Sedangkan pemuda zaman sekarang, masih terkesan acuh terhadap masalah-masalah sosial di lingkungannya. Pemuda-pemuda saat ini telah terpengaruh dalam hal pergaulan bebas, penyalahgunaan narkotika, kenakalan remaja, bahkan kemajuan teknologi pun yang seharusnya membuat mereka lebih terfasilitasi untuk menambah wawasan ataupun bertukar informasi justru malah disalahgunakan. Tidak jarang kaum-kaum muda saat ini yang menggunakan internet untuk hal-hal yang tidak sepatutnya dilakukan seorang pemuda, seperti membuka situs-situs porno dan sebagainya.
Peranan pemuda saat ini dalam sosialisasi bermasyarakat menurun drastis. Mereka lebih mengutamakan kesenangan untuk dirinya sendiri dan lebih sering bermain-main dengan kelompoknya. Padahal, dulu biasanya pemuda lah yang berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan-kegiatan di masyarakat seperti acara keagamaan, peringatan Hari Kemerdekaan, kerja bakti dan lain-lain.
Tetapi tidak semua pemuda pada zaman sekarang terkesan acuh-takacuh, masih banyak pemuda yang peduli terhadap perkembangan bangsa Indonesia contohnya, pelajar dan mahassiswa yang memenangkan kompetisi antar negara. Dengan pemuda menjadi pemenang atau hanya berpartisipasi, itu sudah menjadi peranan dalam kemauan bangsa.
Oleh karena itu turun tangannya kaum muda dalam sebuah perjuangan berperan aktif membangung suatu bangsa. Setiap generasi pastinya akan mengalami perkembangan, karena ilmu bukan hanya sebatas garis pinggir yang tak selalu bergerak, namun ilmu tidak pernah memiliki sebuah batasan untuk dipelajari. Maka sebagai pemuda kita harus paham bagaimana nasib Negara Indonesia, karena ditangan pemuda suatu bangsa akan maju, jika semua pemuda dapat memahami arti suatu bangsa tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia kelak akan menjadi suatu Negara yang hebat dan maju.para ppemuda dapat memulai dari hal-hal kecil yang ada dissekitar tempat tinggal, contohnya dengan perduli akan kegiatan-kegiatan sosial atau acara kemerdekaan Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DISKRIMINASI DAN ETNOSENTRISME

NoSQL Database

KOMPUTASI