PENERAPAN DAN PELANGGARAN HUKUM YANG TERJADI DI NEGARA INDONESIA




Hukum di Indonesia hingga saat ini masih menjadi persoalan yang cukup pelik. Setiap hari dapat kita saksikan sejumlah kasus hukum yang diberitakan melalui media massa. Sepertinya persoalan hukum di Indonesia telah merasuk hingga ke sendi-sendi dan mungkin telah menjadi kebiasaan yang dianggap wajar di negeri ini. Ada beberapa contoh kasus hukum di Indonesia yang melibatkan para pejabat negara dan ada pula contoh kasus hukum di Indonesia yang melibatkan aparat penegak hukum itu sendiri. Tak sedikit pula yang hukum yang melibatkan rakyat-rakyat “kecil”. Memang hukum tidak berpandang bulu. Siapa saja, dihadapan hukum berkedudukan sama. Itulah dasar penegakan hukum yang adil di Indonesia.
Akan tetapi dalam kasus hukum yang melibatkan para petinggi Negara ataupun seseorang yang berada di golongan atas yang memiliki uang, hukum yang melibatkan mereka dapat dibeli untuk mengurangi masa hukuman ataupun menghilangkan masa hukuman, jadi untuk saaat ini masyarakat Indonesia memiliki pendapat bahwa hukum dapat dibeli dengan uang. Adapun dengan masyarakat kecil yang tidak memiliki penghasilan lebih mereka hanya bisa pasrah dengan hukuman yang diberikan kepadanya.
Telah terdapat sejumlah contoh kasus hukum di Indonesia termasuk cara penyelesaiannya yang mungkin belum pernah kita jumpai terjadi di negara lain. Selain itu terdapat pula contoh kasus hukum di Indonesia yang hingga saat ini belum dituntaskan, seperti kasus-kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia, kasuas korupsi, penganiayaan, pembunuhan dan lain-lain.
Tanggapan saya mengenai topik ini adalah sebagai masyarakat yang harus mematuhi hukum kita harus paham akan hukum yang berlaku di Indonesia, jika bila ada masyrakat yang melanggar hukum harus dihukum sesuai dengan kesalahannya,dan tidak memandang bulu apakah dia golongan atas ataupun golongan bawah. karena hukum dibuat untuk ditegakkan bukan untuk dilanggar sehingga Indonesia dapat menjadi Negara hukum yang dapat dipandang di dunia Internasional sebagai Negara yang taat hukum.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DISKRIMINASI DAN ETNOSENTRISME

NoSQL Database

KOMPUTASI