WEB SIENCE
Definisi
Web Sience
Web
Science adalah ilmu pengetahuan untuk membuat dan memanipulasi web, Web adalah
kumpulan halaman yang dapat menampilkan informasi berupa gambar, animasi,
tulisan, suara maupun gabungan dari keseluruhannya yang bersifat statis atau
dinamis yang dapat membentuk rangkaian yang saling terkait yang dihubungkan
dengan banyak link. Science adalah ilmu pengetahuan yang didapat dan bisa
menjadi pengetahuan bagi masyarakat untuk memberi informasi yang akurat.
Sejarah
Web Science
Web
Science didirikan pada tahun 2006 dengan nama Web Science Research Initiative
(WSRI). Web Sicence ini awalnya adalah hasil dari Memorandum of Understanding
antara MIT CSAIL dan University of Southampton, ECS. Ambisinya adalah
mengkoordinasi dan mendukung sentralisasi pembelajaran World Wide Web. Sejak
pertama kali diluncurkan, konsep Web Science sudah menyebar secara meluas dan
mengukuhkan diri sebagai area aktifitas yang penting.
Aktifitas WSRI fokus pada
(i) artikulasi agenda penelitian untuk komunitas scientific, (ii)
mengkoordinasi pengembangan materi pembelajaran Web Science dan (iii) mengikat
pemikiran tentang kepeminpinan pada sektor yang berkembang ini.
Untuk melanjutkan aktifitasnya dan mendukung
pengembangan Web Science secara global, para direktur WSRI membuat badan
amal-the Web Science Trust (WST). WST berkerja sama dengan World Wide Web.
Golnya adalah untuk mendorong partisipan luas dalam pengembangan Web Science.
the Foundation mempunyai misi untuk meningkatkan Web. the Trust dan the
Foundation mempunyai kesamaan komitmen untuk melanjutkan disiplin dari Web
Science dan akan bekerja bersama pada beberapa proyek yang memperbaiki
pengertian tentag Web Science dan mempromosikan dampak positif Web Science pada
masyarakat luas.
Web sekarang ini telah
berkembang dari ide dan konsep yang dicetuskan oleh Tim Berners-Lee, seorang
peneliti pada CERN Particle Physics Lab di Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989
Berners-Lee merumuskan suatu proposal tentang sebuah system hypertext yang
memiliki tiga komponen sebagai berikut:
1. Antarmuka yang menyediakan
akses terhadap berbagai jenis dokumen dan protokol.
2. Akses informasi yang
universal. Setiap pengguna harus dapat mengakses setiap informasi yang
tersedia.
3. Antarmuka yang konsisten
untuk semua platform. Antarmuka ini harus menyediakan akses yang dapat
digunakan oleh berbagai jenis komputer.
Perkembangan selanjutnya
dari konsep Berners-Lee ini melahirkan Mosaic, sebuah web
browser grafis yang pertama. Web memiliki banyak kemungkinan hubungan antar
dokumen tanpa awal dan akhir.
Dalam situs web biasanya
ditempatkan pada server web. Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan
perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah, serta
menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP (bahasa
Inggris: HTTP Server) seperti Apache HTTP Server, atau Internet Information
Services (IIS).
Pre-Web: Memex, Hypertext, Internet, usenet,
ftp, gopher
Memory Extender (MEMEX)
Vannevar Bush (11 Maret,
8190 – 30 Juni, 1974 adalah seorang insinyur dan ilmuwan berkebangsaan Amerika
yang dikenal karena pencapaiannya pada bidang kompetisi analog, peran
politiknya pada pengembangan bom atom, dan idenya tentang Memex, yang dipandang
sebagai konsep awal yang mendasari munculnya teknologi World Wide Web. Memex
(singkatan dari “memory extender”) , adalah nama yang diberikan oleh Vannevar
Bush untuk sebuah mesin teoretis yang ia usulkan dalam artikelnya As We May
Think, yang dimuat pada tahun 1945 pada The Atlantic Monthly. Memex
disebut-sebut sebagai pionir dari teknologi hiperteks yang saat ini telah ada.
Vanner Bush memang tidak
terlibat langsung dalam pengembangan internet, namun banyak yang
mempertimbangkan kalau beliau disebut dengan God Father World Wide Web. Beliau
membuat sebuah referensi esai hingga tahun 1945 dengan judul AS WE MY THINK,
dalam artikelnya Bush menggambarkan sebuah mesin teoritis yang disebut MEMEX,
untuk meningkatkan memori manusia dengan memungkinkan pengguna dapat mengambil
dan menyimpan dokumen dalam sebuah Asosiasi. Asosiatif tersebut sangat
berhubungan dan mirip dengan yang dikenal saat ini ysitu hypertext.
Memex ini akan memiliki
fitur selain menghubungkan. Pengguna dapat merekam informasi baru mengenai
mikrofilm, dengan mengambil foto dari kertas atau dari layar sentuh yang
sensitif tembus. Seorang pengguna bisa menyisipkan komentar sendiri, baik
menghubungkan ke jalur utama atau bergabung dengan jejak sisi ke item tertentu.
Jadi ia membangun jejak minatnya melalui labirin bahan yang tersedia kepadanya.
Seorang pengguna juga bisa membuat copy dari jejak yang menarik dan
menyebarkannya kepada temannya untuk dimasukkan dalam memex sendiri, ada juga
untuk dihubungkan ke jejak yang lebih umum.Mengingat memex, sarjana bisa
menciptakan alat sendiri pengetahuan sebagai koneksi dalam berlembar-lembar
informasi, berbagi alat-alat, dan menggunakan kompleks alat untuk menciptakan
pengetahuan namun lebih canggih yang pada gilirannya dapat digunakan terhadap
pekerjaan ini The memex telah dibayangkan. sebagai sarana mengubah ledakan
informasi menjadi ledakan pengetahuan. Ini tetap menjadi salah satu impian
mendefinisikan media baru. Memperluas, menyimpan, dan konsultasi catatan.
Antara tahun 1990 dan 1994,
Paul Flaherty, seorang mahasiswa Stanford yang sedang mencari proyek,
diperkenalkan oleh istrinya kepada atasannya. Supervisor baru saja melihat
demonstrasi dari World Wide Web dan menyarankan dapat ditingkatkan dan lebih
baik serupa dengan memex dijelaskan oleh Vannevar Bush jika link tidak harus
secara manual dimasukkan dan bukan satu bisa mengikuti link hanya dengan
menggunakan kata-kata sendiri. Flaherty melanjutkan untuk menciptakan
AltaVista, yang dicari pertama, full-text database dari sebagian besar dari
Web.
HyperText
Hypertext adalah suatu
paradigma ( cara atau pola ) antarmuka untuk menampilkan dokemen, yaitu dapat
bercabang ke dokumen lain, menurut definisi awal hypertext berarti “ branch or
perform on request” yang artinya bercabang atau melaksanakan saat diminta. Yang
paling banyak digunakan dalam dunia komputer adalah penelusuran antar dokumen
yang disebut hyperlink.
Markup language merupakan
kombinasi antara text dan informasi tambahan mengenai text. Informasi tambahan
tersebut, misalnya struktur teks atau bentuk tampilan yangt diekspresikan dalam
bentuk markup (tanda) yang menyatu dengan text utama. Markup language paling
modern yang digunakan saat ini adalah HTML ( hypertext markup language ) yang
merupakan salah satu basis dari World Wide Web. Hypertext Markup Language
adalah markup language yang dirancang untuk pembuatan halaman web yang
mengandung hypertext dan informasi lain yang akan ditayangkan oleh browser.
HTML digunakan untuk membuat informasi terstruktur, mudah dipahami. Pada
prinsipnya HTML merupakan standart bahasa yang digunakan untuk mengatur format
tampilan document web, menambahkan object-object seperti image, audio, video
dan juga java applet dalam dokumen HTML, mendukung hyperlink antar dokumen.
Dokumen HTML dapat diakses oleh browser berdasarkan urlnya, yaitu sebuah
spesifikasi standar untuk menunjukan lokasi suatu resource diinternet yang
disebutkan pada browser.
Internet
Merupakan (kependekan dari
interconnection-networking) secara harfiah adalah sistem global dari seluruh jaringan
komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite
(TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet
(huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan
menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching
communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet.
Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
USENET
Singkatan dari user
network, merupakan salah satu jaringan tertua yang dilayani oleh internet.
Awalnya didesain pada Duke University ditahun 1979 dan dikembangkan pada
Duke University dan North Carolia University setahun kemudian, tujuan utama
dari USENET adalah untuk bertukar pesan teks (text message) di antara node
(komputer yang terhubung pada jaringan). USENET telah tumbuh untuk mencakup
berbagai macam forum dan juga newsgroup, dalam jumlah puluhan ribu node yang
terhubung.
FTP
Protokol pengiriman berkas
(Bahasa inggris: File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang
berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman
berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan.
FTP merupakan salah satu
protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga
saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload)
berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP
merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server
FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang
berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah
klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori,
mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke
server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.
Gopher
Merupakan protokol layer
aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan
dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain dokumen menu,
protokol Gopher disajikan menarik untuk alternatif World Wide Web pada tahap
awalnya, tapi akhirnya gagal mencapai popularitas.
Web 1.0, Web 2.0, Web 3.0
– Web 1.0
Merupakan
teknologi Web generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet
karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya,
Website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk
pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif. Berbagai
Website seperti situs berita “cnn.com” atau situs
belanja “Bhinneka.com” dapat dikategorikan ke dalam jenis ini.
– Web 2.0
Web
2.0 pertama kali diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai
teknologi Web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing
informasi secara online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan
sebagai berikut: “Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang
disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu
percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada
platform baru tersebut. Salah satu aturan terutama adalah: Membangun aplikasi
yang mengeksploitasi efek jaringan untuk mendapatkan lebih banyak lagi pengguna
aplikasi tersebut” Berbagai layanan berbasis web seperti jejaring sosial, wiki
dan folksonomies (misalnya: “flickr.com”, “del.icio.us”) merupakan teknologi Web 2.0 yang menambah
interaktifitas di antara para pengguna Web.
– Web 3.0 / Semantic Web
Walaupun masih dalam
perdebatan di kalangan analis dan peneliti, istilah Web 3.0 tetap berpotensi
menjadi generasi teknologi di dunia Internet. Saat ini, definisi untuk Web 3.0
sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada
layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand [Joh07]. Namun,
menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara
baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan
dari data online. Berdasarkan definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada
dasarnya Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki
isi Web yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang
dimengerti manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti,
diinterpretasi dan digunakan oleh perangkat lunak (software agents). Melalui
Semantic Web inilah, berbagai perangkat lunak akan mampu mencari, membagi, dan
mengintegrasikan informasi dengan cara yang lebih mudah [Tim01]. Pembuatan
Semantic Web dimungkinkan dengan adanya sekumpulan standar yang dikoordinasi
oleh World Wide Web Consortium (W3C). Standar yang paling penting dalam
membangun Semantic Web adalah XML, XML Schema, RDF, OWL, dan SPARQL.
Pertumbuhan Sosial dan Ekonomi Web Science
Dewasa ini pertumbuhan
sosial dan ekonomi web science tumbuh semakin cepat dan juga sangat
mempengaruhi keadaan sosial dan ekonomi dari penggunaan web science.
Dalam pertumbuhan sosial
dan ekonomi dari web science mungkin sedikit banyak mempengaruhi dan dapat
berdampak positif maupun negatif. Berikut ini akan saya paparkan sedikit
mengenai dampak dari pertumbuhan sosial dan ekonomi web science:
·
Dampak positif teknologi di bidang sosial
<> Perbedaan kepribadian pria dan
wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin
besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia
pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah
perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.
<> Meningkatnya rasa percaya diri.
Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik.
Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan
ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat
tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
<> Tekanan, kompetisi yang tajam di
berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan
generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
Sementara dampak negatif yang diberikan
terhadap dibidang sosial adalah :
1. Kemerosotan moral di kalangan warga
masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar.Kemajuan
kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan
material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam
materitetapi miskin dalam rohani”.
2. Kenakalan dan tindak menyimpang di
kalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnyakewibawaan tradisi-tradisi
yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong telah
melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam
menciptakankesatuan sosial. Akibatnya bisa dilihat bersama, kenakalan dan
tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam
berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret,pelanggaran lalu lintas
sampai tindak kejahatan.
3. Pola interaksi antar manusia yang berubah
kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tanggagolongan menengah ke atas telah
merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkandengan telpon telah
membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar.Program
internet relay chatting (IRC) internet dan e-mail telah membuat orang asyik
dengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warnet
memberipeluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran
internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan
komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anakbisa
asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.
·
Dampak teknologi komputer di bidang ekonomi
Dalam bidang ekonomi
teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan
manfaat positifnya antara lain:
1.Pertumbuhan ekonomi yang semakin
tinggi.
2.Terjadinya industrialisasi.
3.Produktifitas dunia industri semakin
meningkat.
4.Persaingan dalam dunia kerja sehingga
menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang
dimiliki.Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada
penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan.
Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami
perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan
yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan
skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
5. Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi
mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi.
Dalam bidang ekonomi,
kemajuan internet terutama pada aplikasi mesin pencari memudahkan suatu
perusahaan dalam melihat target pasar dari perusahaan tersebut. Selain itu,
teknologi internet juga membawa suatu perubahan pasar yakni saat ini
transaksi penjualan/pembelian tidak hanya dapat dilaksanakan ketika penjual dan
pembeli bertemu secara langsung namun dalam dunia maya sekalipun. Contoh
transaksi jual beli yang biasa kita temukan di internet seperti Shopping Online,
Penjualan tiket pesawat, dll. Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan
produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada
aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara
besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di
masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin
penting.
Memandang
positif dan negatif kemajuan teknologi, bagi kemaslahan bangsa dan umat islam
khususnya. Adalah control secara internal mulai dari keluarga untuk
mengenalakan dan mengawasi anak didik dari dampak negatif itu sendiri, dan
pemerintah khususnya badan-badan yang bewenang menangani untuk mengambil langkah
tepat untuk mengurangi dampak dari kemajuan sisi buruk teknologi itu sendiri.
kian pesatnya kemajuan teknologi jangan kita jadikan hantu boomerang untuk kita
tidak berani terbuka dan maju.peran penting
bangsa elemen-elemen pemerintah, masyarakat dan keluarga adalah payung untuk
menghindari dan mengurangi dampak negatif media itu sendiri.
Dampak Positif Dan Negatif Pengaruh Teknologi
Terhadap Kehidupan Manusia
Pengaruh globalisasi dengan
dukungan teknologi informasi seperti pedang bermata dua disatu sisi kita tidak
dapat menyangkal manfaat dan ancaman yang dibawanya, jadi manfaat disebut juga
pengaruh positif dan ancaman disebut pengaruh negatif.
(+) Positif
Pengaruh positif yang dapat
dirasakan dengan adanya Teknologi Informasi adalah peningkatan kecepatan,
ketepatan, akurasi dan kemudahan yang memberikan efisiensi dalam berbagai
bidang khususnya dalam masalah waktu, tenaga dan biaya. Sebagai contoh
manifestasi Teknologi Informasi yang mudah dilihat di sekitar kita adalah
pengiriman surat hanya memerlukan waktu singkat, karena kehadiran surat
elektronis (email), ketelitian hasil perhitungan dapat ditingkatkan dengan
adanya komputasi numeris, pengelolaan data dalam jumlah besar juga bisa
dilakukan dengan mudah yaitu dengan basis data (database), dalam kegiatan
ekonomi sudah dilakukannnya E-banking, E-comerce,E-shopping dan masih banyak
lagi.
(-) Negatif
Sedangkan pengaruh negatif
yang bisa muncul karena adanya Teknologi Informasi misalnya dari globalisasi
aspek ekonomi, terbukanya pasar bebas memungkinkan produk luar negeri masuk
dengan mudahnya. Dengan banyaknya produk luar negeri dan ditambahnya harga yang
relatif lebih murah dapat mengurangi rasa kecintaan masyarakat terhadap produk
dalam negeri.
Dengan hilangnya rasa cinta
terhadap produk dalam negeri menunjukkan gejala berkurangnya rasa nasionalisme
masyarakat kita terhadap bangsa Indonesia dan penipuan serta pembobolan
keuangan melalui media elektronis juga akibat dari kegiatan ekonomi yang
semakin mudah.
1.Pengaruh teknologi informasi tidak mungkin
kita tolak atau hindari, sebaiknya kita harus dapat memanfaatkannya untuk
kesejahteraan masyarakat tetapi disisi lain kita juga harus berhati-hati dan
bersikap bijak agar dampak negatif yang menyertainya dapat kita hilangkan atau
paling tidak kita minimalisir.
2. Mengenalkan teknologi informasi sekaligus
pemanfaatannya bagi kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial kemasyarakatan.
3. Meningkatkan daya nalar dan daya seleksi
masyarakat terhadap berbagai informasi yang membanjir, sehingga masyarakat
semakin kritis dan dewasa dalam menyikapinya.
Web Science dan Metodologi Web Science
Web Science itu terdiri atas dua kata yaitu
web dan science yang maksudnya adalah :
Web yang berarti jaringan
atau suatu sistem di internet yang memungkinkan siapapun agar bisa menyediakan
atau menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data
animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat
statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling
terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman
(hyperlink). Dengan menggunakan teknologi tersebut, informasi dapat diakses
selama 24 jam dalam satu hari dan dikelola oleh mesin.
Sedangkan Science berarti
ilmu pengetahuan atau kumpulan pengetahuan yang benar, mempunyai obyek dan
tujuan, disusun secara sistematik, berkembang dengan metode ilmiah,dan berlaku
universal dan dapat diuji kebenarannya (diverifikasi).
Metodologi Web Science
Web Science merupakan
kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan
mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti
atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya
dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian yang
berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping)
dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung,
2001]. Sebagai contoh laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari
web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap minggu. Model lain adalah
metodologi model analisis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan
untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science akan
dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti
akademisi.
Referensi :
Komentar
Posting Komentar